- Get IP
Listing Program :
import java.net.*;
public class getip {
public static void main(String args[]) throws Exception {
InetAddress host = null;
host = InetAddress.getLocalHost();
byte ip[] = host.getAddress();
for (int i=0; i<ip.length; i++) {
if (i > 0) {
System.out.print(".");
}
System.out.print(ip[i] & 0xff);
}
System.out.println();
}
}
Logika Script :
Pada program memakai library net untuk terhubung dalam jaringan komputer, dimana address host bernilai null dengan menggunakan perulangan untuk mencari panjang ip address dari komputer jika i =0 maka mencetak titik(.) lalu akan mencetak ip address komputer, terlihat dari output dibawah ini.
Output :
- Get Name
Listing Program :
import java.net.*;
public class getName {
public static void main(String args[]) throws Exception {
InetAddress host = null;
host = InetAddress.getLocalHost();
System.out.println("Nama komputer Anda: " +
host.getHostName());
}
}
Logika Program :
Sama seperti sebelumnya menggunakan library net untuk terhubung dengan pc, listing disini digunakan untuk mengetahui nama pc dimana menggunakan localhost pc untuk mendapatkan host name.
Output :
- IP To Name
Listing Program :
import java.net.*;
public class IPtoName {
public static void main(String args[]) {
if (args.length == 0) {
System.out.println("Pemakaian: java IPtoName <IP address>");
System.exit(0);
}
String host = args[0];
InetAddress address = null;
try {
address = InetAddress.getByName(host);
} catch (UnknownHostException e) {
System.out.println("invalid IP - malformed IP");
System.exit(0);
}
System.out.println(address.getHostName());
}
}
Logika Program :
Program ini terdapat percabangan dimana berfungsi untuk menyimpan alamat IP yang telah di inputkan. Kemudian apabila program ini dijalankan java IptoName <IP address> maka kita harus memasukkan alamat IP yang akan digunakan jika tidak maka program tersebut ajan keluar. Lalu perintah String host =args[0] akan menyimpan alamat IP pada variabel args ke dalam variabel host. Selanjutnya perintah address = InetAddress.getByName(host); akan memanggil alamat IP yang terdapat di dalam variabel host yang kemudian memiliki nilai yang akan disimpan di dalam variabel address. Lalu perintah address.getHostName() digunakan untuk mendapatkan nama komputer.
Output :
- NS LookUp
Listing Program :
import java.net.*;
public class NsLookup {
public static void main(String args[]) {
if (args.length == 0) {
System.out.println("Pemakaian: java NsLookup <hostname>");
System.exit(0);
}
String host = args[0];
InetAddress address = null;
try {
address = InetAddress.getByName(host);
} catch(UnknownHostException e) {
System.out.println("Unknown host");
System.exit(0);
}
byte[] ip = address.getAddress();
for (int i=0; i<ip.length; i++) {
if (i > 0) System.out.print(".");
System.out.print((ip[i]) & 0xff);
}
System.out.println();
}
}
Logika Program :
jalankan java NsLookup maka masukkan nama komputer yang akan digunakan, apabila nama komputer tersebut tidak di isi maka program akan otomatis keluar. Perintah String host = args[0] digunakan untuk menyimpan sebuah nama komputer pada variabel args ke dalam variabel host. Kemudian perintah address = InetAddress.getByName(host); ini akan digunakan untuk memanggil nama komouter yang terdapat di dalam variabel hist yang dimana nilainya tersebut akan disimoan di dalam variabel address. Selanjutnya dimana variabel address akan mendapatkan alamat IP dari komputer dan nilai tersebut akan disimpan dalam bentuk array pada variabel ip dengan menggunakan tipe data byte dengan menggunakan perintah byte[] ip = address.getAddress();. Kemudian program ini akan melakukan perulangan untuk mencetak alamat IP.
Output :
- Client Server Pada Java
- Listing SimpleServer.java
import java.io.*;
import java.net.*;
public class simpleServer {
public final static int TESTPORT = 5000;
public static void main(String args[]) {
ServerSocket checkServer = null;
String line;
BufferedReader is = null;
DataOutputStream os = null;
Socket clientSocket = null;
try {
checkServer = new ServerSocket(TESTPORT);
System.out.println("Aplikasi Server
hidup ...");
} catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}
try {
clientSocket = checkServer.accept();
is = new BufferedReader(new
InputStreamReader(clientSocket.getInputStream()));
os = new
DataOutputStream(clientSocket.getOutputStream());
} catch (Exception ei) {
ei.printStackTrace();
}
try {
line = is.readLine();
System.out.println("Terima : " +
line);
if (line.compareTo("salam") == 0) {
os.writeBytes("salam juga");
} else {
os.writeBytes("Maaf, saya tidak
mengerti");
}
} catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}
try {
os.close();
is.close();
clientSocket.close();
} catch (IOException ic) {
ic.printStackTrace();
}
}
}
import java.io.*;
import java.net.*;
public class simpleClient {
public final static int REMOTE_PORT = 5000;
public static void main(String args[]) throws
Exception {
Socket cl = null;
BufferedReader is = null;
DataOutputStream os = null;
BufferedReader stdin = new BufferedReader(new
InputStreamReader(System.in));
String userInput = null;
String output = null;
// Membuka koneksi ke server pada port
REMOTE_PORT
try {
cl = new Socket(args[0], REMOTE_PORT);
is = new BufferedReader(new
InputStreamReader(cl.getInputStream()));
os = new
DataOutputStream(cl.getOutputStream());
} catch(UnknownHostException e1) {
System.out.println("Unknown Host: "
+ e1);
} catch (IOException e2) {
System.out.println("Erorr io: " +
e2);
}
// Menulis ke server
try {
System.out.print("Masukkan kata kunci:
");
userInput = stdin.readLine();
os.writeBytes(userInput + "\n");
} catch (IOException ex) {
System.out.println("Error writing to
server..." + ex);
}
// Menerima tanggapan dari server
try {
output = is.readLine();
System.out.println("Dari server: "
+ output);
} catch (IOException e) {
e.printStackTrace();
}
// close input stream, output stream dan
koneksi
try {
is.close();
os.close();
cl.close();
} catch (IOException x) {
System.out.println("Error
writing...." + x);
}
}
}
Logika SimpelServer :
listing simpleserver digunakan untuk menjadikan sebuah server dengan menggunakan port yang sudah ditentukan dimana akan mencek tiap port apabila port aktif maka aplikasi server akan hidup, jika sudah inputkan salam dari client maka server otomatis membalas salam jika tidak diketahui maka server akan menampikan maaf tidak mengerti.
Logika SimpleClient :
Pada program ini dilakukan koneksi client-server supaya program server tersebut dapat dijalankan terlebih dahulu. Pada program ini menggunakan port yang akan digunakan sebagai code pada port yang sama pada server. Selanjutnya terdapat client socket pada sisi server yang digunakan untuk membaca data yang dikirim oleh server dari client-socket tersebut yang akan menampilkan data di layar monitor. Lalu user akan diminta untuk memberikan inputan dari keyboard dalam bentuk string lalu nilai tersebut akan di kirimkan melalui server socket yang telah dibentuk dan server akan membaca data yang telah di kirim oleh client di connection socket.
Output :
0 comments:
Post a Comment